Tanggal : 12/04/2017, 14:32:24, dibaca 2595 kali.

SELAMAT UAS GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Banjarbaru, (4/12/17) Hari ini adalah salah satu hari dalam pelaksanaan ujian semester (UAS) ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Perlu diketahui bahwa SMKPP Negeri Banjarbaru telah melaksanakan kegiatan UAS dari tanggal 20 November 2017 dan berakhir pada tanggal 12 Desember. UAS kali ini dilaksanakan selama 16 hari, baik untuk ujian praktek dan tentunya ujian teori.


Ujian terakhir di semester ganjil TP. 2017/2018 ini wajib diikuti oleh semua siswa di SMKPP N Banjarbaru, agar kedepannya dapat naik kelas dan lulus bagi kelas XII. Pada ujian kali ini diikuti sekitar 400an orang siswa yang terdiri dari 15 kelas, yang terdiri dari 5 kelas X, 5 kelas XI dan 5 kelas XII.


Para siswa wajib melaksanakan ujian praktek selama 4 hari dan melaksanakan ujian teori selama 12 hari. Pada ujian teori kali ini SMKPP N Banjarbaru melaksanakan ujian semester perdana dengan sistem komputer atau disebut juga Ujian Berbasis Komputer (UBK). UBK dilaksanakan di 3 ruangan, yaitu 2 ruang komputer dan 1 ruang Laboratorium Bahasa.


Mata pelajaran teori yang diujikan untuk kelas X diantaranya: Matematika, Seni Budaya, Kimia, Bta, Pkn, Kewirausahaan, Penjas, Dasar Budidaya, Sejarah, Bahasa Inggris, Simulasi Digital, Biologi, Penyuluhan, Alsintan, Fisika, Agama, Pembiakan, tekben DPPHPP, Keamanan Pangan, Bahasa Indonesia.


Sedangkan untuk kelas XI dan XII Mata pelajaran teori yang diujikan diantaranya: Matematika, Seni Budaya, Kimia, Bta, Pkn, Kewirausahaan, Penjas, Sejarah, Bahasa Inggris, Simulasi Digital, Biologi, Fisika, Agama, Bahasa Indonesia, Tan. pangan, Tan, herbal, Produksi Perkebunan, Manajemen Kebun, Perlintan, Uji Mutu Benih, mamin Herbal, Tan. Sayur, Tan, Perkebunan tahunan, pembenihan, Prod. herbal, Tan. Buah, Tan. Tan Perkebunan Semusin, Pembibitan & prod. hewani.


Pelaksanaan ujian berbasis komputer kali ini dapat memudahkan bagi para guru untuk mendapatkan hasil nilai dengan cepat dan akurat, sehingga nilai yang di dapat siswa dapat segera diketahui. Nilai dari para siswa yang muncul juga sesuai dengan kenyataan seberapa besar pengetahuan dan kemampuan dari para peserta didik, sehingga diharapkan siswa-siswi agar benar-benar belajar yang tekun, rajin dan penuh semangat.


Pada dasarnya ujian nasional berbasis komputer hanya merubah medium ujian, dari yang tadinya menggunakan kertas berubah menggunakan apilkasi digital. Semua kegiatan yang berkaitan dengan ujian akan menggunakan sistem internet, mulai dari pembuatan soal, pengaturan kelas, pengaturan user peserta ujian, pengaturan guru atau pengawas, sampai proses ujiannya.


Kepala Sekolah SMKPP Negeri Banjarbaru, Bapak Suherman menyambut baik ujian semester kali ini menggunakan Ujian Berbasi Komputer, ini merupakan suatu terobosan yang ilmiah dalam proses penggunaan teknologi baru dalam pendidikan.


Penggunaan ujian berbasis komputer ini sebagai salah satu bentuk dari SMKPP N Banjarbaru sebagai pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu UBK ini sebagai persiapan para siswa dimana kelak akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sehingga tidak akan gagap pada saat mengerjakan nantinya. (WD)


 


Humas SMKPP Negeri Banjarbaru