Tanggal : 03/08/2021, 14:03:12, dibaca 1989 kali.

P4S PATRA MANDIRI DIKUNJUNGUI KAPUSDIKTAN


Banjar, - Kepala Pusat Pendidikan Kementerian Pertanian (Kementan), Idha Widi Arsanthi kembali melakukan serangkaian kegiatan di bumi Kalimantan Selatan, dengan mengunjungi P4S Patra Mandiri di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Sabtu, (6/3/2021)


Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Patra Mandiri, sendiri merupakan penerima bantuan dari Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) Kementerian Pertanian, yang nantinya akan menjadi pusat pelatihan dan contoh bagi petani dari Program Yess di Kab. Banjar.


Di kunjungan ini, Kapusdik di temani oleh Project Manager NPMU, Kepala BBPP Binuang, PPIU Kalsel (SMK-PP N Banjarbaru), Kepala Dinas TPH Banjar, Kepala Bidang Penyuluh Pertanian TPH Banjar, CSR Astra, Koordinator dan Penyuluh BPP Simpang Empat, serta tentunya P4S Patra Mandiri.

Dalam arahannya, Kapusdik Kementan yang juga Direktur Program Yess, Idha Widi Arsanthi memaparkan arahannya, kepada tamu-tamu yang hadir di P4S tersebut, "Kita datang kesini untuk bersinergi terkait kegiatan Program Yess, di Kementan ini banyak program, nanti ini salah satu yang menggerakkan petani muda", Paparnya.

Lanjut Kapusdik, "Anak muda ini harus berkembang, harus bisa, dan mampu meningkatkan kapasitasnya untuk menjadi petani milenial karena di Banjar ini memiliki kekhasan ekologi", jelasnya.

Selain itu Kapusdik meminta ada bebwrapa penambahan CPCL di Kab. Banjar, Sungai Tabuk adanya Komunitas pasar apung di pasar terapung, Mataraman Mangga, Astambul menjadi sentra jeruk, dan agrowisata.

Lanjut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, menjelaskan, “Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian kedepan menjadi pertanian modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya tetapi juga berorientasi ekspor. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” Tambahnya.

Selain itu Program YESS dilaksanakan sebagai proyek percontohan pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaan melalui fasilitasi dan bimbingan kepada generasi muda. Proyek yang didanai oleh International Fund For Agricultural Development (IFAD) ini bertujuan menghasilkan wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru