Tanggal : 04/20/2020, 11:35:59, dibaca 2043 kali.

PANEN JAGUNG KELOMPOK PWMP BJPT DI TENGAH PANDEMI


Tanah Laut, - Program Penumbuhan Pengusaha Petani Millenial salah satunya dengan program Penumbuhan Wirausahawan Muda Bidang Pertanian (PWMP), yang dijalankan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, di bawah pimpinan Kepala Badan, Dedi Nursyamsi.


Meskipun ditengah Covid-19, Kepala PPSDMP ini berharap pembangunan pertanian tidak boleh berhenti. “Tetap mematuhi protokol kewaspadaan. Jarak minimum dua meter, hindari kerumunan. Cuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas,” pesannya beberapa waktu yang lalu.


Salah satu kelompok PWMP binaan BPPSDMP, Kementan ini ada dari SMK-PP Negeri Banjarbaru, yaitu kelompok PWMP BPJT, yang bergerak dalam usaha Jagung Pakan Ternak di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.


Kelompok yang terdiri dari 3 siswa kelas XII TP. 2019/2020 terus bergerak walau dalam kondisi wabah covid-19 ini, salah satunya kegiatan panen Jagung Pakan Ternak, untuk mendukung sector peternakan yang ada di wilayah sekitarnya, (19/4)


Adanya dana PWMP sebesar 15 juta rupiah, kelompok ini mampu menggarap budidaya Jagung Pakan Ternak lebih kurang 1,25 ha dan akhirnya dapat panen di kondisi seperti ini.


“Tantangan ini walau berat harus kami hadapi, kami tidak akan surut untuk terus mengeluti dunia pertanian yang kami cintai ini, demikian ungkap Agus Anshori disela-sela kegiatan panennya.


Kelompok PWMP tahun 2019 yang dimotori oleh Agus Ansyari, Ahmad Muzaki dan Abdul Halik setia budi tetap konsen dalam usaha Jagung Pakan Ternak ini. 


Namun tantangan yang cukup berat dan intensitas curah hujan masih masih sangat tinggi, menyebabkan sebagian besar lahan jagung pakan ternak di Kabupaten Tanah Laut terdampak hama ulat.


“Walau demikian dalam kondisi serangan besar-besaran dari hama ulat, mereka masih bisa panen yang hasilnya masih cukup lumayan sekitar hampir 70% jika dibanding petani lain di wilayah Kab. Tanah laut Kalimantan Selatan”, Ungkap agus.(AN/wd)


Tim Humas SMK-PP N Banjarbaru