Tanggal : 05/12/2017, 23:15:12, dibaca 3568 kali.

PENGUKUHAN DAN PELEPASAN SISWA KELAS XII TAHUN 2017


Banjarbaru, (10/5/17) Seiring dengan pengumuman kelulusan 100% para siswa SMK-PP Negeri Banjarbaru di Ujian Nasional Tahun Ajaran (TA) 2016/2017 pada Hari Jumat, 5 Mei kemarin tentunya menjadi hari yang membahagiakan bagi para siswa kelas XII.  Pengumuman kelulusan dalam UN tahun ini juga menjadi puncak bagi mereka dalam menempuh pendidikan di SMK-PP Negeri Banjarbaru dari kelas X sd kelas XII. Namun kelulusan UN juga membuat mereka akan segera dikukuhkan dan dilepas sebagai siswa SMK-PP Negeri Banjarbaru.


Maka atas kelususan para siswa tersebut SMK-PP Negeri Banjarbaru mengadakan acara pengukuhan dan pelepasan siswa-siswi kelas XII tahun ajaran 2016/2017 pada hari Kamis 10 Mei 2017. Acara ini merupakan acara tahunan yang selalu dilaksanakan oleh SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai bentuk apresisasi atas kelulusan siswa-siswa kelas XII, setelah menempuh pendidikan di SMK-PP Negeri Banjarbaru.


Acara yang dimulai pada pukul 09.00 wita ini dihadiri oleh para lulusan kelas XII beserta keluarganya. Tidak lupa acara ini juga dihadiri oleh tamu dari pejabat pusat atau daerah, para alumni SMK-PP Negeri Banjarbaru, sesepuh SMK-PP Negeri Banjarbaru serta para mitra kerjasama SMK-PP Negeri Banjarbaru.


Tamu pusat yang datang pada kesempatan tersebut ialah perwakilan dari Pusat Pendidikan, Standardisasi, dan Sertifikasi Profesi (Pusdikdarkasi) Kementerian Pertanian yang baru yaitu Siti Aminah Nurwahidah. Kali ini SMK-PP N Banjarbaru kedatangan tamu spesial di Pemerintahan Kota Banjarbaru, yaitu Wakil Walikota  Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan. Selain itu juga ada wakil dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Banjarbaru, Kepala Polsek Banjarbaru, Kepala koramil Banjarbaru, kepala SMK-PP Negeri Pelaihari, perwakilan dari dinas di bidang pertanian Banjarbaru.


Terdapat juga tamu dari Unit Pelaksana teknis Kementerian Pertanian di Kalimantan, diantaranya: BBPP Binuang, BPTP Banjarbaru, Balitra Banjarbaru. Acara pengukuhan tersebut dilaksanakan oleh wakil dari Pusdikdarkasi Kementan, Kepala Sekolah SMK-PP Negeri Banjarbaru, Bapak Suherman dan tentunya Wakil Walikota Banjarbaru kepada 95 orang lulusan SMK-PP Negeri Banjarbaru.


Dalam sambutannya, Darmawan Jaya berpesan agar para lulusan dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat. “Kembangkan skill yang telah didapat, jangan berhenti sampai disini tapi aplikasikan dikehidupan agar berguna bagi masyarakat,” Kata Wakil Walikota Banjarbaru


Sementara itu, Wakil dari Pusdikdarkasi Kementan yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan Pertanian Dra Siti Aminah Nurwahidah merasa bangga atas dikukuhkannya para siswa. “Mari kita ciptakan lulusan pertanian yang bermartabat, mandiri dan berkelanjutan. Mewujudkan hal itu, para lulusan dituntut memiliki kompetensi pertanian sesuai dengan keinginan dunia usaha dan industri,” tuturnya..  


Para siswa yang diwisuda berjumlah 109 orang dengan rincian yaitu dari Kompetensi Keahlian Perkebunan sebanyak 58 orang dan Kompetensi Keahlian Tanaman Pangan & Hotikultura (TPH) sebanyak 51 orang. Juara pertama kali ini diperoleh atas nama M. Lyan Pratama dari kelas XII Perkebunan, yang mendapatkan nilai total 87.


Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru Suherman Berpesan kepada para wisudawan “Semoga kalian bisa menjadi pelopor dibidang pertanian, berkembang dan membawa nama baik sekolah,” pesannya. “Kepala Sekolah juga menjelaskan, saat ini lulusan anak didiknya memiliki kemampuan yang sudah sesuai dengan keinginan dunia usaha dan industri sebagai mitra kerjanya” Katanya.


Dalam acara itu juga dibagikan 13.000 polibek bibit tanaman cabai kepada 42 pihak seperti Masyarakat, Desa Mitra, Sekolah, Puskesmas, Dinas, Dharma Wanita yang berada di lingkup sekitar sekolah atupun pihak yang bekerjasama dengan sekolah. Penyerahan ini merupakan bentuk SMK-PP N Banjarbaru dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian yaitu program tanam cabai untuk tetap menjaga stabilitas harga cabai dipasaran.


Pada akhirnya sekitar jam 12.00an wita acara pun selesai dengan dilanjutkan kegiatan ramah tamah dan makan bersama yang diringi oleh iringan musik, Fashion Show, Silat dan Mahidin. Selamat & sukses atas kelulusan 100% serta pengukuhan dan pelepasan siswa-siswi kelas XII tahun ajaran 2016/2017 SMK-PP Negeri Banjarbaru.(WD)


Humas SMKPP Negeri Banjarbaru