Tanggal : 01/04/2017, 10:13:23, dibaca 2871 kali.

PENGARAHAN TERAKHIR SEBELUM MAGANG/PKU 3 BULAN


Banjarbaru, (4/1/17) Seperti tahun-tahun sebelumnya, SMK-PP Negeri Banjarbaru pada awal bulan di tahun baru selalu melaksanakan kegiatan bagi siswa yaitu berupa Praktek Kerja Usaha (magang) bagi siswa kelas XI. Kegiatan ini dikhususkan kepada seluruh siswa kelas XI pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Siswa wajib mengikuti kegiatan PKU ini agar dapat naik kelas XII dan lulus dari SMK-PP N Banjarbaru pada saat kelas XII nanti.

Sebelum para siswa berangkat dan melaksanakan kegiatan PKU ini selama kurang lebih 3 bulan lamanya, maka siswa diberikan pengarahan dan pelepasan dari Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru. Pengarahan yang dilaksanakan di aula SMK-PP ini untuk memberikan arahan, bimbingan dan nasehat agar PKU berjalan lancar dan selesai dengan memuaskan.

Pengarahan yang dilaksankan pada hari selasa, 3 Januari 2017 tersebut dibuka oleh Wakasek Humas dan Industri, Bapak Slamet Riadi dan kemudian dilanjutkan pengarahan oleh Kepala Sekolah, Bapak Suherman. Pada kesempatan tersebut dihadiri juga oleh Wakasek Kurikulum, Ibu Airin Nurmarita serta tentunya para siswa-siswi peserta PKU TA. 2016/2017.

"Tahun baru di tempat yang baru, ke kehidupan yang baru yaitu benar-benar merasakan di dunia kerja yang nyata, yang sebelumnya hanya belajar di sekolah", Kata Wakasek Humas & Industri SMK-PP N Banjarbaru, Bapak Slamet Riadi.

"Kalian akan menjadi patokan kedepan mau tidaknya perusahaan menerima lagi (magang) di tahun depan, terutama perusahaan yang baru melaksanakan kerjasama dengan sekolah", Kata Kepala sekolah kepada para siswa.

Pada kesempatan itu juga Bapak Suherman selaku Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru memberikan arahan kepada siswa yaitu, siswa agar ikut serta juga dalam partisipasi dengan masyarakat, seperti kegiatan kemasyarakatan yang biasa dilaksanakan di daerah itu, Contoh: pengajian, olahraga, kerja bakti dll.

Tidak lupa Kepala Sekolah mengucapkan doa kepada para siswa agar dalam melaksanakan PKU (magang) selama 3 bulan diberi kesehatan dan tanggung jawab yang diberikan.

PKU SMK-PP N Banjarbaru dilaksanakan di berberapa tempat yang terdapat di Kalimantan Selatan, bahkan tahun ini mengirimkan perserta magang di Pulau Jawa, tepatnya di Malang, Jawa Timur. Penempatan para peserta magang tersebut juga disesuaikan dengan program keahlian yang mereka pilih, seperti perkebunan di perusahaan sawit, hortikultura di petani atau balai.

Perlu diketahui bahwa Praktek Kerja Usaha merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dunia usaha dan industri kepada para siswa untuk mengenal dunia kerja apabila mereka lulus di SMK-PP N Banjarbaru, sehingga diharapakan para siswa mempunyai bekal dan pandangan tentang pekerjaan yang akan mereka jalani kemudian. (WD)

Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru