- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMKPP N BANJARBARU -- DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-75 - INDONESIA MAJU * BANGGA BUATAN INDONESIA * KONSUMSI PRODUK PERTANIAN INDONESIA -- SELAMAT HARI TANI (24/9/2020), "PERTANIAN ANDALAN EKONOMI NASIONAL PADA MASA COVID-19" -- SMK-PP N BANJARBARU TETAP BUKA PELAYANAN TERBATAS, SENIN SD JUMAT (08.00 SD 14.30) -- -

PELATIHAN PENGISIAN LAPORAN KOSTRATANI BAGI BPP LINGKUP KAB. TANAH BUMBU

Tanggal : 08/14/2020, 11:26:31, dibaca 84 kali.

Tanah Bumbu, - SMK-PP N Banjarbaru sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian, selaku siap mendukung program yang di jalankannya, salah satunya adalah program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).


Sehingga setelah melakukan virtual meeting Kostratani pada Selasa, (11/8) selanjutnya SMK-PP Negeri Banjarbaru melakukan kunjungan ke Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu Kamis, (13/8) dalam rangka sosialisasi Kostratani.


Pelatihan yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu dihadiri oleh 6 BPP yang menjadi tanggung jawab dari SMK-PP Banjarbaru diantaranya Karang Bintang, Kusan Hulu, Kusan Hilir, Sungai Loban, Kuranji dan Batulicin, serta 3 BPP binaan dari Pusat Penyuluhan.


Pada sosialisasi ini tim SMK-PP Banjarbaru dibantu oleh tim dari Pusat Penyuluhan Pertanian Kementan dan didampingi perwakilan dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan menjelaskan kembali tentang penggunakan dan pengisian laporanutama dan pengunaan aplikasi berbasis IT.


Peserta yang merupakan koordinator penyuluh, operator dan mantra tani ini diberikan materi tentang pengisian laporan di portal laporanutama.pertanian.go.id, yang nantinya mereka harus membuat laporan perkembangan khususnya komoditas Padi Jagung dan Kedelai di lingkup wilayah BPP, yang akan di laporkan tiap minggunya.


Salah satu peserta pelatihan ini, Donny Pandodean dari BPP Batulicin mengatakan, “Bersyukur bisa melaksanakan terakit pelalihan laporan utama, saya pikir ini sangat muda dan di mengerti, mudah-mudahan bisa dilaksanakan oleh teman-teman yang lain”, ungkapnya.


Menanggapi di atas, Slamet Riadi selaku penanggungjawab tim SMK-PP N Banjarbaru di Tanah Bumbu menjelaskan, “Berkaitan dengan kegiatan Kostratani, yang mana melibatkan BPP yang ada di sekitar Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Intinya SMK-PP N Banjarbaru mempunyai tugas mendampingi BPP yang ada di Tanah Bumbu ini, untuk mengupdate data yang di minta Kementan”, Ujarnya.


Di sisi lain Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Fauraji Akbar berterimakasih Kabupaten Tanah Bumbu menjadi salah satu yang terpilih menjadi bagian dalam program Kostratani yang nantinya bisa meningkatkan dan membangun sector pertanian khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.


Kegiatan diatas dalam rangka mendukung target dari Kementerian Pertanian yang nantinya ada sebanyak 1.500 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di seluruh Indonesia sudah terhubung di Agriculture War Room (AWR) Konstratani pada tanggal 17 Agustus 2020, setidaknya untuk komoditas strategis padi, jagung dan kedelai (PAJALE) .


Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), merupakan program utama Kementerian Pertanian (Kementan) yang digagas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Kostratani akan menjadikan BPP sebagai pusat data dan informasi pembangunan pertanian yang melibatkan seluruh pelaku pertanian yang ada di Kecamatan


"Kita lengkapi BPP Kostratani dengan komputer dan internet, kedepan semua BPP harus bisa jadi tempat bagi semua petani untuk belajar, Kuncinya saat ini adalah Semangat kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSMP), Prof. Dedi Nursyamsi dalam beberapa kesempatan pada saat video conference 10Agustus 2020.(wd)


Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas